Hobi naik gunung adalah salah satu hobi yang sangat digemari banyak orang baik pria maupun wanita. Apalagi Indonesia adalah surganya para pendaki, karena disini terdapat banyak sekali gunung-gunung yang indah dan menantang untuk ditaklukkan. Bagi Anda para wanita yang punya hobi naik gunung, Anda sebaiknya tahu bagaimana caranya agar sepatu naik gunung wanita yang Anda miliki tetap awet dan tidak gampang rusak. Perawatan dan pemakaian sepatu gunung wanita yang benar sangat penting dan wajib Anda ketahui.

Sepatu Naik Gunung Wanita

Perawatan dan Pemakaian Sepatu Naik Gunung Wanita Yang Benar

Secara umum, teknik pemakaian dan perawatan sepatu naik gunung wanita yang benar penting untuk keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Dengan pemakaian dan perawatan yang tepat sepatu juga tidak cepat rusak, sehingga lebih hemat karena Anda tak perlu bolak-balik beli. Biasanya, standar umum perawatan dan penggunaan sepatu terdapat dalam informasi produk di dalam kemasan sepatu yang Anda beli. Namun tak semua merek memberi informasi yang detil mengenai hal tersebut.

Sepatu Naik Gunung Wanita

Pemakaian sepatu naik gunung wanita yang benar adalah selalu pastikan Anda menggunakan ukuran yang pas dengan kaki Anda, tidak terlalu longgar atau sempit. Kemudian pastikan tali sepatu Anda selalu terpasang dengan benar, tidak terlalu kencang atau terlalu longgar. Jika mengikat tali sepatu terlalu kencang akan menyebabkan peredaran darah tidak lancar, kaki akan mudah kesemutan. Sementara jika terlalu longgar akan membuat Anda tidak nyaman dan beresiko selip atau lepas.

Ketika sepatu Anda dalam keadaan basah, harap Anda segera melepaskannya untuk dikeringkan dengan cara diangin-angin. Setelah cukup kering, gunakan lagi untuk melanjutkan perjalanan. Sepatu yang basah akan membuat kaki cedera, selain itu sepatu juga akan cepat rusak jika tetap digunakan tanpa henti. Untuk perawatan sepatu juga sama. Mengeringkan sepatu terutama yang berbahan kulit sebaiknya tidak dijemur matahari secara langsung, karena akan membuat kulit pecah atau rusak.
Cara mengeringkan sepatu naik gunung wanita yang basah sehabis dipakai atau dicuci adalah dengan diangin-anginkan. Anda bisa memanfaatkan hairdryer untuk mengeringkannya dengan lebih cepat dan merata. Setelah sepatu mendaki gunung wanita yang Anda miliki benar-benar telah kering, cobalah menyemirnya dengan semir sepatu agar elastisitas bahan kulit sepatu tetap terjaga. Anda bisa menggunakan semir sepatu yang tak berwarna untuk warna sepatu non-hitam. Kemudian simpanlah di wadah yang bersih dan hindarkan dari tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung.
Terakhir, Anda mungkin bertanya bagaimana mencuci atau membersihkan sepatu naik gunung wanita yang benar. Sepatu gunung berbahan kulit juga bisa dicuci, tetapi jangan direndam apalagi terlalu lama. Anda bisa membersihkan langsung bagian yang kotor menggunakan sikat gigi bekas yang lembut. Kemudian segera bilas dengan air bersih. Asalkan segera dikeringkan setelah dicuci, maka sepatu akan awet.
Oleh Zali Abdulloh

Februari 17, 2019

Artikel Terkait

> <