Sepatu naik gunung untuk wanita kini telah banyak dijual di pusat perbelanjaan maupun di toko olahraga alam bebas. Seiring dengan meningkatnya tren olahraga outdoor, tingkat penjualan sepatu gunung wanita pun terus meningkat. Bukan hanya karena memiliki fungsi yang baik, namun juga karena tampilan yang tangguh dan menarik. Tampilan sepatu gunung yang trendi akan sangat cocok untuk melengkapi penggunanya meskipun digunakan untuk keseharian.

Cara Memilih Sepatu Naik Gunung Untuk Wanita

Cara Memilih Sepatu Naik Gunung Untuk Wanita

Sepatu naik gunung untuk wanita selain memiliki tampilan yang menarik, juga harus punya kualifikasi teknis yang sesuai agar memiliki fungsi yang optimal. Kualifikasi teknis yang dimaksud meliputi kualitas bahan, jenis karet sol dan alurnya, kemampuan waterproof, serta desain yang mampu mengurangi cedera pada penggunanya. Bila spesifikasi yang ada memiliki kualitas yang memadai, maka selain memiliki penampilan yang baik, juga akan aman dan nyaman bila digunakan.

Spesifikasi Teknis Sepatu Naik Gunung Untuk Wanita Yang Aman Dan Fungsional

Sepatu naik gunung untuk wanita yang aman terbuat dari bahan kulit yang halus dan kuat. Bila Anda menemukan sepatu gunung berbahan kanvas, sebaiknya jangan dibeli meskipun berpenampilan menarik. Bahan kulit memiliki kekuatan yang sangat baik hingga bisa melindungi kaki dari kemungkinan cedera yang bisa terjadi. Saat ini, telah banyak teknologi yang digunakan sehingga tersedia juga dari bahan kulit sintetis yang berkualitas.
Bahan sol sepatu naik gunung untuk wanita berkualitas menggunakan karet anti-slip sehingga tidak licin digunakan. Anda bisa mencobanya pada lantai keramik, apabila Anda pakai dan tidak licin maka sol yang digunakan cukup baik. Bila Anda kurang yakin, Anda bisa menumpahkan air ke lantai, meskipun pada lantai licin, sepatu akan tetap mencengkeram kuat pada lantai. Anti licin berasal dari bahan yang digunakan, maka meski telapak sol berkontur rata tetap akan mampu mengatasi medan yang licin.
Kemampuan waterproof atau anti air pada sepatu juga sangat penting untuk diperhatikan. Melihat berbagai kondisi suhu dan cuaca yang ekstrim di gunung, sepatu naik gunung untuk wanita harus memiliki kemampuan waterproof agar bisa menjaga kondisi tetap prima. Biasanya bahan kulit yang baik otomatis akan memiliki kemampuan waterproof, namun ada juga produsen yang menambahkan pelapis coating waterproof agar lebih aman.

Desain sepatu naik gunung untuk wanita selain menarik juga harus fungsional. Untuk track yang cukup ekstrim, Anda bisa menggunakan desain high cut yang menutupi mata kaki hingga sebagian betis. Dengan desain ini, maka mata kaki dan pergelangan kaki Anda akan aman dari cedera yang mungkin terjadi. Desain sepatu gunung untuk wanita ini, memungkinkan Anda untuk membawa beban yang lebih berat. Namun demikian pergerakan sedikit terbatas sehingga Anda tidak selincah biasanya.
Oleh Zali Abdulloh

Februari 26, 2019

Artikel Terkait

> <